Khawarij adalah firqah pertama yang menyempal dari jama’ah muslimin dan memiliki pengikut yang tidak kecil serta memiliki sejarah berdarah yang cukup panjang dengan kaum muslimin.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah menyatakan: “Yang pertama menyempal dari jamaah muslimin, yang merupakan ahlul bid’ah, adalah Khawarij Al Maariqun[1].

Mereka menyempal dalam permasalahan i’tikad sehingga menjadi contoh bagi gerakan revolusi berdarah dalam sejarah politik Islam yang membuat sibuk kekhilafahan Islam dalam tempo yang sangat panjang.

Disamping itu, firqah ini masih eksis (ada) dan memiliki kekuatan sampai saat ini di negara Oman, Zanjibar (satu wilayah negara Tanzania), timur Afrika dan di sekitar negara Maroko, Tunisia, Libiya dan Al Jaza’ir dengan madzhab Ibadhiyah-nya. Demikian juga pemikiran dan keyakinan mereka masih banyak mengotori pemikiran dan keyakinan kaum muslimin hingga saat ini (-ust Kholid Syamhudi).

Berikut ini adalah kajian yang disampaikan oleh ust. Thobroni (alumnus Darul Hadits Ma’rib Negri Yaman) yang disampaikan pada kajian rutin diMasjid Nurussunnah Semarang pada tiap hari Ahad pekan pertama tiap bulanya, insyaAlloh akan kami upload secara berkala pada tiap pertemuan, semoga Alloh memudahkan dan semoga dapat diambil manfaatnya.

 

Download :

  • [download id=”116″]
  • [download id=”119″]
  • [download id=”127″]
  • [download id=”141″]
  • [download id=”164″]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here