Pondok Pesantren Putra Nurussunnah adalah pesantren modern yang menerapkan pendidikan diniyah tambahan di luar waktu aktif sekolah. Fokus utama pendidikan di pondok adalah perbaikan bacaan dan penambahan hafalan Al-Qur’an. Selain fokus utama tersebut pendidikan tambahan berupa pelajaran Bahasa Arab (nahwu dan shorof), akhlak dan aqidah juga diberikan dalam pendidikan pesantren. Pondok Pesantren Putra Nurussunnah mengasuh santri jenjang pendidikan SMP (Sekolah Menengah Pertama) dan MA (Madrasah Aliyah).

Kegiatan pondok berlangsung selama dua minggu tanpa perpulangan santri ke rumah. Santri diperbolehkan untuk pulang secara rutin dua minggu sekali, dengan syarat target hafalan selama dua minggu tersebut tercapai, jika tidak maka santri tidak diperkenankan pulang.

Berikut ini beberapa gambaran kegiatan Pondok Pesantren Putra Nurussunnah:

Halaqah Tahfidzul Qur’an adalah kegiatan setoran hapalan oleh santri pondok kepada musyrif pondok atau ustadz pengampu tahfidz qur’an. Kegiatan ini dijadwalkan tiga kali dalam sehari, yaitu ba’da magrib, ba’da isya dan ba’da subuh.

Tadhribul Khitobah adalah kegiatan latihan ceramah bagi santri. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar santri memiliki keterampilan (softskill) dan keberanian berbicara di depan khalayak ramai (public speaking).

Pelajaran Malam adalah kegiatan belajar malam yang dilaksanakan setelah kegiatan tahfidzul qur’an. Pelajaran malam adalah pelajaran tambahan yang diberikan pesantren untuk menunjang pengetahuan santri akan pelajaran diniyah selain pelajaran di sekolah. Pelajaran malam terdiri dari Bahasa Arab (nahwu dan shorof), akhlak, aqidah dan tahsin.

Renang adalah kegiatan bulanan pesantren yang dilaksanakan pada minggu santri tidak pulang. Selain kegiatan renang, santri juga mengikuti kegiatan futsal setiap dua minggu sekali.

Olahraga Sore adalah kegiatan pengisi setelah santri pulang sekolah. Kegiatan olahraga sore bentuknya beragam yang para santri bisa memilih sendiri sesuai dengan bakat dan keinginan mereka. Kegiatannya berupa sepakbola, volly, dan panahan.

Kegiatan Malam Ahad adalah kegiatan malam ketika santri tidak pulang. Kegiatan ini diisi dengan kegiatan yang tidak sama setiap minggunya.

Salah satu pengisi kegiatan malam ahad adalah bakar jagung oleh santri pondok.

Kegiatan bakar ikan.

Demikian gambaran Pondok Pesantren Nurussunnah.

Barokallahu fikum.

Jadwal santri pondok pesantren nurussunnah selengkapnya dapat diunduh pada link berikut:

https://drive.google.com/open?id=0B7E3dYjoEK5aS01ZWGVjeFA1VW8

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here